KESIAPAN PAMSIMAS DI TAHUN 2013

Martapura (02/04/2013), Pemerintah Indonesia mempunyai komitmen sangat kuat untuk mencapai Millenium Development Goals (MDGs), yaitu menurunnya jumlah penduduk yang belum mempunyai akses air minum dan sanitasi dasar sebesar 50 % pada tahun 2015 nanti . Berdasarkan UU No.32/2004 tentang Pemerintah Daerah dan UU No.33/2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemeritah Daerah, maka pemerintah daerah bertanggungjawab penuh untuk memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat di daerahnya masing-masing, termasuk pelayanan air minum dan sanitasi. Namun demikian, bagi daerah-daerah dengan wilayah pedesaan relatif luas, berpenduduk miskin relatif tinggi dan mempunyai kapasitas fiskal rendah, pada umumnya kemampuan mereka sangat terbatas, sehingga memerlukan dukungan finansial untuk membiayai investasi yang dibutuhkan dalam rangka meningkatkan kemampuan pelayanannya kepada masyarakat, baik untuk investasi fisik dalam bentuk sarana dan prasarana, maupun investasi non-fisik yang terdiri dari manajemen, teknis dan pengembangan sumber daya manusia.

Rapat Koordinasi Kesiapan PAMSIMAS 2013

Kabupaten Banjar di tahun 2013 akan kembali melanjutkan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) 2012. Dalam pelaksanaannya sendiri di tahun 2012 kegiatan tersebut belum bisa mencapai hasil yang maksimal karena luasnya wilayah serta masih banyaknya jumlah penduduk Daerah Aliran Sungai (DAS) yang masih bergantung terhadap air sungai. PAMSIMAS sendiri merupakan  salah satu program nasional dari pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah warga miskin perdesaan dan pinggiran kota (peri-urban) yang dapat mengakses perbaikan pelayanan serta fasilitas air minum dan sanitasi serta meningkatkan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat (hygiene) dalam rangka usaha pencapaian target MDG sektor air minum dan sanitasi melalui upaya-upaya pengarus utamaan (mainstreaming) dan perluasan (scaling up) pendekatan berbasis masyarakat (Community Driven Approach).

Oleh karena itu BAPPEDA Kab. Banjar Kamis (28/03), melalui bidang fisik dan prasarana mengadakan rapat persiapan kegiatan PAMSIMAS untuk tahun 2013 serta pembahasan tentang rencana penetapan lokasi kegiatan dan kewajiban-kewajiban melaksanakan reflikasi PAMSIMAS di daerah yang jadi sasaranya dengan beberapa SKPD yang terkait dengan program tersebut.

Acara rapat ini dihadiri oleh Dinas Kesehatan, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Dinas Perumahan dan Permukiman, serta konsultan PAMSIMAS. (Tim Portal/FP)

Leave a Reply

%d bloggers like this: