Pemantauan dan Pengumpulan Data Pengembangan Ekonomi Lokal dan Daerah (PELD) Tahun 2013

Martapura(27/03/2013), Sesuai dengan surat Kementerian Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional RI Nomor : 1300/DT.74.103/2003, tanggal 4 Maret 2013 perihal Pemantauan Fasilitasi Daerah Percontohan Tahun 2013 dan Pengumpulan Data untuk penyusunan RPJMN Bidang Pengembangan Ekonomi Lokal dan Daerah Tahun 2015 -2019 Di Provinsi Kalimantan Selatan, BAPPEDA Kabupaten Banjar melalui Bidang Perekonomian mengadakan rapat koordinasi dan Focus Group Discussion (FGD) bertempat di aula BAPPEDA lantai III Kabupaten Banjar, Selasa(26/03).

Sambutan Kepala BAPPEDA Kab. Banjar,  M. Rusdi, ST. MT pada rapat PELD 2013

Rapat yang dipimpin oleh Kepala BAPPEDA Kab. Banjar M. Rusdi, ST. MT, bertujuan untuk mengetahui status dan perkembangan MasterPlan Pengembangan Ekonomu Lokal dan Daerah (PELD) terkait dengan MUSREMBANG, mendiskusikan Rencana Kerja Tenaga Ahli Regional (TAR) tahun 2013 terkait produk unggulan, serta pengumpulan data dan informasi untuk penyusunan RPJMN tahun 2015-2019. Dalam pembukaan rapat tersebut Kepala BAPPEDA Kab. Banjar mengharapakn “Adanya sinergi antara program kegiatan daerah dengan program kegiatan nasional, agar mempercepat tercapainya target & sasaran dalam hal pengembangan ekonomi lokal dan daerah khususnya perkebunan karet”.”Bukan hanya target jumlah produksi dan kualitas, namun hal yang terpenting adalah kesejahteraan masyarakat Kabupaten Banjar”,  tambahnya.

Bapak Zulfakar selaku Tenaga Ahli BAPPENAS memaparkan isu PELD dalam RPJMN 2015-2019

Dalam Focus Group Discussion (FGD) yang dipimpin oleh Zulfakar selaku Tenaga Ahli BAPPENAS, terdapat beberapa kunci penting pembahasan, diantaranya :

  • Keterlibatan daerah dan stakeholder, khususnya dunia usaha oleh Kementerian mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, monitoring serta evaluasi.
  • Faktor yang mempengaruhi keberhasilan & kegagalan program, serta keberlanjutan program
  • Program didesain untuk peningkatan daya saing daerah atau tidak
  • Keterkaitan mitra pelaku bisnis (perkotaan & pedesaan) antar wilayah
  • Pengelolaan aspek lingkungan. Bagaimana manajemen lingkungan yang menerapkan eco-efficiency dan eco-innovation.

Peserta Rapat Pemantauan dan Pengumpulan Data PELD 2013

Selain dihadiri oleh Tenaga Ahli BAPPENAS, rapat ini juga dihadiri oleh Dinas Perhubungan Provinsi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi, Kepala BRI Cabang Martapura, perwakilan dari Fakultas Pertanian Unlam, BAPELUH, Distanbunnak, Disperkim, Disperindag Kab. Banjar, perwakilan dari kecamatan Mataraman dan Karang Intan serta perwakilan dari pengusaha GAPOKTAN Kalsel dan perwakilan petani karet APKARINDO Kalsel. (Tim Portal/Ekonomi)

Leave a Reply

%d bloggers like this: