Pelaksanaan Focus Group Discussion MasterPlan Kepariwisataan di Alur Sungai Martapura

Martapura, BAPPEDA Kabupaten Banjar melalui Bidang Perekonomian Senin (25/03/2013), bertempat di Aula BAPPEDA lantai III mengadakan Rapat Focus Group Discussion (FGD) dengan agenda Penyusunan Masterplan Kepariwisataan di Alur Sungai Martapura dengan narasumber Konsultan PT. Puri Aji Buana. Pertemuan dipimpin langsung oleh Kepala BAPPEDA Kabupaten  Banjar M. Rusdi, ST . MT.

Pada rapat tersebut Kepala BAPPEDA memberikan sambutan mengenai laporan antara PT. Puri Aji Buana yang beberapa bulan lalu telah mengadakan kontrak dengan BAPPEDA untuk menyusun Masterplan Kepariwisataan di Alur Sungai Martapura Kabupaten Banjar.

Pekerjaan MasterPlan Kepariwisataan di Alur Sungai Martapura Kabupaten Banjar merupakan pekerjaan perencanaan tata ruang dan perencanaan tata letak prasarana dan sarana yang berfungsi sebagai pedoman yang diperlukan bagi pembangunan dan pengembangan kepariwisataan di Alur Sungai Martapura. Sinkronisasi sektor-sektor pembangunan merupakan modal dasar bagi tercapainya pembangunan pariwisata baik di tingkat nasional maupun di tingkat daerah. Sebab usaha kepariwisataan merupakan salah satu sub sektor pembangunan yang secara terus menerus diupayakan pengembangannya secara efisien dan efektif, agar didayagunakan sebagai salah satu andalan kegiatan perekonomian nasional dan daerah. FGD tersebut merupakan laporan awal yang akan dilanjutkan pada FGD berikutnya sebagai penyempurnaan dokumen sesuai dengan kondisi yang ada.

Terkait mengenai Rapat Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka Penyusunan Masterplan Kepariwisataan di Alur Sungai Martapura tersebut diharapkan agar hasil dari pekerjaan dapat bermanfaat bagi masyarakat khusunya masyarakat sekitar Martapura, Kabupaten Banjar. Karena berkembangnya kegiatan pariwisata di suatu daerah akan memberikan pengaruh pada sektor ekonomi serta mendorong pembangunan sektor-sektor lainnya, khusunya dalam hal memperluas lapangan kerja dan peluang usaha.

Leave a Reply

%d bloggers like this: