BAPPEDA KABUPATEN BANJAR ADAKAN KEGIATAN FGD II RDTR BAHAS DUA KAWASAN

Martapura (22/03/2013), Kecamatan Kertak Hanyar & Kec. Gambut merupakan kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Banjar dan  serta mempunyai banyak fungsi serta letak yang sangat  strategis sebagai Kecamatan yang berada paling dekat dengan ibukota provinsi Kalimantan Selatan yang dalam jangka waktu beberapa tahun kedepan nantinya akan lebih  berkembang pesat.

Narasumber– Pihak konsultan sebagai narasumber memberikan penjelasannya  dalam kegiatan FGD II RDTR dua kawasan Kec. Kertak Hanyar dan Kec. Gambut

Dilatarbelakangi oleh perkembangan kota yang merupakan manifestasi kebutuhan ruang akibat adanya perkembangan jumlah penduduk dan segala aktivitasnya menuju arah  penggunaan lahan yang efisien dan ekonomis, serta menindak lanjuti  hasil Focus Group Discution (FGD) I, pemerintah Kabupaten Banjar melalui BAPPEDA Kab. Banjar Rabu (20/03/2013), bertempat di wisma Sultan Sulaiman kembali mengadakan FGD II dengan agenda Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) kawasan Kec. Gambut dan Kec. Kertak Hanyar tentang pemaparan data dan informasi  yang berdasarkan fakta dan analisa lapangan di dua daerah tersebut bersama konsultan CV. POLA ARSITEK dan CV. ARSS BARU yang meliputi tata ruang kawasan permukiman, tata akses jalan penghubung menuju ke perkotaan, penataan kawasan pertanian, dan acara dialog bersama untuk mendapatkan masukan dan tanggapan dari sebagian  perwakilan SKPD Kab. Banjar.

Dalam penyelenggaraannya kegiatan ini mempunyai bertujuan untuk tersusunnya RDTR Kec. Gambut dan Kec. Kertak Hanyar dalam upayanya untuk terselenggaranya penataan ruang yang lebih efektif dan efisien yang berwawasan  lingkungan.   Sedangkan dalam pelaksanaannya penyusunan RDTR Kec. Gambut dan Kec. Kertak Hanyar ini juga bertujuan untuk mewujudkan rencana tata ruang  yang berkualitas, serasi dan optimal.

Acara ini dihadiiri oleh beberapa SKPD Kabupaten Banjar diantaranya Dinas Perumahan dan Permukiman, Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga,  Dinas Kehutanan, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika,  BKPMP2T, dan  PDAM Intan Banjar. (Tim Portal/FP)

Leave a Reply

%d bloggers like this: