Orientasi Pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan

Martapura – Jelang pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Banjar tahun 2013, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), mengadakan orientasi pelaksanaan Musrembang tingkat Kecamatan, bertempat di Aula BAPPEDA lantai 3. Setiap Kecamatan di minta berhadir dan  menugaskan  Sekretaris/Kabag TU dan bagian program yang membidangi perencanaan serta para pejabat dan badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), Selasa (29/01/2013).

Rapat Koordinasi Persiapan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kecamatan ini bertujuan untuk memaksimalkan partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan memadukan aspirasi kewilayahan dan program sektor yang dilaksanakan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah.

Dalam rangka menjaga konsistensi antara usulan masyarakat pada tingkat musyawarah desa dan kecamatan diupayakan melalui rencana Pagu Indikatif Kewilayah (PIK) Pagu Indikatif Kewilayah adalah sejumlah patokan batas maksimal anggaran yang diberikan kepada kecamatan berbasis kewilayahan yang penentuan alokasi belanjanya ditentukan oleh mekanisme partisipatif melalui Musrenbang Kecamatan dengan berdasarkan kepada kebutuhan dan prioritas program yang mendesak berdimensi strategis kewilayah. Pagu Indikatif Kewilayah tersebut dialokasikan berbasiskan pada urusan.

Sebagai langkah awal implementasi PIK pada empat SKPD yang berbasis kewilayahan yakni Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air yang menangani jalan dan jembatan. Dinas Pendidikan yang menangani bidang pendidikan. Dinas Kesehatan yang menangani bidang kesehatan. Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan yang menangani bidang pertanian.

Pelaksanaan kegiatan didasarkan pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Permendagri Nomor 54 Tahun 2010 Tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah.(Portal/Sekre)


Leave a Reply

%d bloggers like this: